Cara membuat Peta Konsep

Source image : Google.com

Kali ini sobat coki ingin nge share nih, gimana sih caranya membuat peta konsep yang baik dan benar itu. Nah sebelum kita lanjut ke pokok bahasannya kita juga harus tahu dulu dong apa itu sih peta konsep?
Menurut "Hudojo" , Peta konsep adalah keterkaitan antara konsep dan prinsip yang dipresentasikan sepeeti jaringan konsep yang perlu dikonstruk dan jaringan hasil kontruksi.
Selain pengertian tentu sobat sekalian biasanya mencari apa sih kegunaan atau fungsinya peta konsep itu.Ada beberapa fungsi peta konsep baik untuk pelajar atau lainnya diantaranya :

  1. Menyelidiki apa yang telah dipelajari dan dimengerti oleh siswa
  2. Mempelajari cara belajar
  3. Memberi konsep yang benar
  4. Sebagai alat dan media evaluasi 

 Nah dari pengertian itu sobat mungkin sudah bisa mengambil maknanya kan? dan juga masih banyak fungsi lainnya. tentunya dalam penggunaan peta konsep ada kelemahan dan kelebihannya. ya secara mudahnya peta konsep itu seperti ringkasan materi, atau tujuan materi yang menjelaskan materi-materi yang akan/sedang kita pelajari. Sekarang kita lanjut ke tahap berikutnya ya, gimana sih cara atau tahapan yang dilakukan untuk membuat peta konsep itu?

  • Tahap Identifikasi
Dalam tahapan ini kita harus menentukan pokok bahasan yang akan kita jadikan peta konsep, tentukan dahulu bahasan dan identifikasi bahasan tersebut sebagai bahan bacaaan.


  • Tahap Mencari/ Mengenal ide yang relevan
Di tahapan ini kita harus mencari ide primer dan mengubahnya mencari ide skunder, maksudnya di tahapan ini kita harus mengembangkan dari dasar-dasar pokok utama kedalam bentuk yang lebih relevan.
  • Tahap Pengelompokkan
Di tahapan ini simpan ide utama di tengah-tengah atau di puncak, maksudnya pusatkan pengurutan cara penyimpanan pokoknya disimpan ditengah. Nah dalam tahapan ini juga buatlah ide utama terfokus di tengah tengah, biasanya harus dikelilingi gagasan gagasan tambahan.

Nah mungkin cukup sekian saja pembahasan mengenai cara membuat peta konsep. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, dan menjadi ilmu yang berguna baik untuk diri kita sendiri atau orang lain.
Cara membuat Peta Konsep
Item Reviewed: Cara membuat Peta Konsep 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!